Kaliurang, Tempat Peristirahatan Geolog Belanda

Kaliurang, Tempat Peristirahatan Geolog Belanda

0

Kaliurang, Tempat Peristirahatan Geolog Belanda

sewa mobil online

Kaliurang merupakan sebuah daerah di Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tempat ini dulunya adalah sebuah kawasan untuk tempat peristirahatan ahli-ahli geolog Belanda dan keluarga mereka. Bungalow-bungalow dibangun karena mereka terkesan dengan kesejukan dan keindahan panorama Kaliurang.

Lokasi resor wisata Kaliurang memang sangat indah. Dari sini, para wisatawan bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dengan sangat jelas. Pemandangan lainnya yang tak kalah menarik adalah wisata sejarah 22 gua peninggalan Jepang, bangunan bersejarah Wisma Kaliurang, Pesanggrahan Dalem Ngeksigondo, dan Museum Ullen Sentalu.

Baca :   Daftar 25 Wisata Jogja Terbaik

Pemerintah Daerah Yogyakarta mengkondisikan Kaliurang sebagai pusat wisata alam dan budaya untuk rekreasi keluarga. Demi mengakomodasi kebutuhan rekreasi keluarga, Pemda membangun Taman Rekreasi Kaliurang seluas 10.000 meter persegi dan Taman Wisata Plawangan Turgo. Kedua taman wisata itu sangat diminati oleh anak-anak dan orang dewasa.

Sebelum pulang dari Kaliurang, para wisatawan bisa membeli oleh-oleh berupa buah-buahan lokal dan makanan tradisional daerah setempat. Tempe bacem, tahu bacem, dan jadah adalah tiga dari sekian banyak makanan tradisional yang dijual di tempat ini.

Baca :   Air Terjun Lepo : Wisata Alam di Ledok Pokoh Jogja

sewa mobil online