Gua Kiskendo, Gua Berhiaskan Relief Ramayana

Gua Kiskendo, Gua Berhiaskan Relief Ramayana

0

mulut Gua Kiskendo

sewa mobil online

Gua Kiskendo berlokasi di Jatimulyo, Girimulyo, Kulon Progo, Yogyakarta. Di tebing-tebing batu dekat pintu masuk gua, gua ini dihiasi relief epos Ramayana. Gua Kiskendo itu seperti menggambarkan salah satu fragmen Ramayana yang tidak banyak orang tahu, yakni saat Mahesasura dan Lembusuro melawan Subali sang manusia kera.

Gua Kiskendo telah dialasi beton di jalur perjalanannya sehingga caver amatiran pun bisa menjelajahi gua dengan mudah. Seorang guide akan memandu Anda menelusuri gua sambil menceritakan kembali kisah Ramayana. Konon katanya, setiap lorong gua adalah istana kakak beradik berkepala kerbau dan sapi itu. Gua ini juga merupakan tempat keduanya bertempur melawan Subali.

Baca :   Pantai Indrayanti, Pantai Eksklusif yang Bersih

Gua Kiskendo

Para pencari hakikat hidup sering memanfaatkan kesakralan Gua Kiskendo sebagai tempat bertapa. Tercatat ada sembilan situ pertapaan yakni Pertapaan Santri Tani, Pertapaan Simelong, Pertapaan Tledek, Pertapaan Kusuman, Pertapaan Lumbung Kampek, Pertapaan Selumbung, Pertapaan Padasan, Pertapaan Seterbang, dan Pertapaan Sekandang. Di dekat sebuah ruangan yang mirip aula kecil, di tengah-tengah gua, terdapat sebuah gentong berisi air. Anda bisa meminum air yang berasal dari tetesan stalagtit itu.

Baca :   Pabrik Gula Madukismo, Sarana Tepat Menghabiskan Liburan Bermanfaat

Newgoa kiskendo stalagtit

Gua Kiskendo merupakan sebuah tempat wisata alam sekaligus spiritual. Jika Anda merupakan pecinta epos Ramayana, gua ini merupakan tujuan wisata yang harus Anda kunjungi.

sewa mobil online