Pemandian Air Panas Ciater, Memancarkan Harapan Bagi Pemerintah Subang

Pemandian Air Panas Ciater, Memancarkan Harapan Bagi Pemerintah Subang

0

Pemandian Air Panas Ciater

sewa mobil online

Pemandian air panas Ciater secara administratif terletak di Kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, Jawa Barat. Namun, karena letaknya yang ada di perbatasan antara kota Bandung dan Subang, orang-orang sering mengira pemandian ini berada di wilayah administratif kota Bandung.

Asal nama Ciater bermula di tahun 1960-an. Mbah Epos, seorang kakek sakti yang tinggal di sekitar wilayah, bermaksud membuka hutan.  Daerah hutan itu mulanya dianggap angker oleh banyak orang. Namun, oleh Mbah Epos hutan tersebut dibuka dan kemudian diubah warga menjadi perkampungan. Ciater yang berarti “air yang mengalir” itu kemudian dilirik oleh Pemerintah Daerah Subang untuk dijadikan kawasan wisata. Akhirnya, pada tahun 1968, Pemda Subang dan Dispenda mengembangkan Ciater sebagai lokasi wisata.

Baca :   Pemandian Air Panas Cibolang, Berendam di Tengah Cuaca Dingin

Sebagai tempat pemandian air panas, Ciater termasuk sudah mempunyai fasilitas eksklusif. Gracia Spa Resort Hotel, Puspa Sari Hotel, dan Ciater Spa Resort adalah beberapa penyedia fasilitas pemandian air panas yang disukai wisatawan domestik dan mancanegara. Pastikan Jasa sewa mobil Docar menjadi pilihan Anda ketika liburan.

Asal air panas Ciater sesungguhnya dari kawah aktif Gunugn Tangkuban Perahu. Airnya itu tidak hanya digunakan sebagai pemandian saja melainkan juga sebagai pengairan sawah-sawah warga sekitar. Mengandung sulfat, kalsium, magnesium, chloride, thermo, dan mineral, air pemandian dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit, rematik, gangguan syaraf dan tulang, serta kelumpuhan akibat stroke dan darah tinggi.

Baca :   Gunung Puntang Bandung, Satu Lagi Gunung Berpeninggalan Belanda

sewa mobil online