Mengunjungi Candi Sari, Asrama Pendeta Buddha

Mengunjungi Candi Sari, Asrama Pendeta Buddha

0
Candi Sari

Fakta Singkat Mengenai Candi Sari:

sewa mobil online
  1. Nama lain Candi Sari adalah Candi Bendan.
  2. Diduga, Candi Sari memiliki dua atau tiga tingkat.
  3. Fungsi Candi Sari adalah sebagai tempat tinggal para pendeta Buddha.

Wisata Jogja Candi Sari adalah peninggalan bersejarah yang dibuat atas prakarsa Rakai Panangkaran. Ahli sejarah menemukan Prasasti Kalasan, berangka tahun 778 Masehi, yang menjelaskan hubungan antara Candi Sari dengan Candi Kalasan. Menurut prasasti tersebut, Candi Sari berfungsi sebagai asrama para pendeta Buddha sedangkan Candi Kalasan adalah candi pemujaan Dewi Tara.

Para ahli sejarah mengambil kesimpulan sementara bahwa Candi Sari dibangun pada abad kedelapan Masehi, satu masa dengan pembangunan Candi Kalasan. Kedua candi memang memiliki kemiripan dari segi arsitektur termasuk relief-reliefnya. Lokasi dua candi ini pun hanya berjarak sekitar tiga kilometer.

Baca :   Bukit Mojo Gumelem, Bukit dengan Gimmick Pengundang Selfie

Candi Sari terletak di Desa Bendan, Kelurahan Tirtamartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Slemen, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena berada di Desa Bendan, kadang-kadang Candi Sari juga disebut Candi Bendan.

Melihat dari bentuk candi, memang terlihat bahwa Candi Sari dahulu difungsikan sebagai tempat tinggal. Di puncak Candi Sari ada stupa yang menjadi penanda bahwa bangunan tersebut merupakan bangunan yang terpengaruh kebudayaan Buddha.

Candi Sari ditemukan kembali sekitar 130 meter dari Candi Kalasan. Saat ditemukan kembali pada abad kedua puluh, Candi Sari dalam keadaan rusak berat atau hanya berupa reruntuhan. Pemugaran pertama dilaksanakan pada tahun 1929-1930. Pemugaran pertama berakhir sedikit mengecewakan karena belum berhasil mengembalikan keutuhan bangunan aslinya. Usia bangunan menjadikan beberapa bagian candi hilang serta lapuk.

Baca :   Museum Affandi : Rumahnya Karya-karya Pelukis Affandi

Para ahli menduga bahwa dahulu kompleks Candi Sari dikelilingi oleh pagar batu. Sepasang Arca Dwarapala menghiasi pintu candi. Tiap-tiap arca digambarkan memegang ular dan gada. Hiasan arca tersebut mirip dengan hiasan di depan Wihara Plaosan.

Seorang peneliti bernama Kempers menduga Candi Sari adalah bangunan bertingkat; dua atau tiga. Menurut penelitiannya, fungsi lantai pertama adalah untuk diskusi keagamaan serta kegiatan belajar-mengajar. Sedangkan lantai di atasnya digunakan untuk menyimpang peralatan keagamaan.

Baca :   Candi Sambisari, Keindahannya Dibangun Kembali dari Hasil Rekonstruksi

Secara umum, estetika Candi Sari dinilai sangat indah. Dinding luar candi dipenuhi hiasan dan pahatan. Lalu, araca laki-laki dan wanita dalam posisi memegang teratai mengapit tiap-tiap ambang pintu. Sebagian besar hiasan pahatan Candi Sari berbentuk sulur-sulur, manusia burung, dan kumuda. Tidak perlu bingung soal transportasi, Docar Jogja siap membantu perjalanan Anda.


Sewa mobil di Yogyakarta sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online