Kotagede, Kota Peninggalan Jaman Kerajaan Mataram

Kotagede, Kota Peninggalan Jaman Kerajaan Mataram

0

masjid agung mataram kotagede

sewa mobil online

Kotagede merupakan sebuah saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Hindu yang pernah menguasai seluruh Pulau Jawa. Di tempat inilah, banyak peninggalan sejarah menarik untuk dikunjungi para wisatawan. Pasar Kotagede, Masjid Kotagede, Kompleks pendiri kerajaan Mataram Islam, reruntuhan benteng, rumah-rumah tradisional, dan kedhaton yang terdapat di wilayah Kotagede menjadi bukti bahwa di tempat ini pernah dijadikan pusat aktivitas sosial politik di tanah Jawa.

Baca :   Museum Sasmitaloka, Tempat Mengingat Sejarah Jenderal Sudirman

Menurut sejarahnya, Kotagede didirikan di bawah kepemimpinan Senapati Ingalaha, putra Ki Gede Pemanahan. Kotagede dulunya adalah sebuah desa bekas Kerajaan Mataram Hindu yang kala itu sudah pindah ke Jawa Timur. Senapati Ingalaha merupakan seorang pemimpin yang bijaksana. Desa yang dipimpinnya pun menjadi ramai dan makmur. Orang-orang kemudian menyebut desa itu sebagai Kotagede yang dalam bahasa Jawa berarti “Kota Besar”.

Baca :   Gua Jepang Pundong Parangtritis, Benteng Pertahanan Jepang dari Sekutu

Tempat Wisata Kotagede Yogyakarta

Senapati Ingalaha mendirikan sebuah benteng dalam atau cepuri yang mengelilingi kraton serta baluwarti atau benteng luar yang mengelilingi wilayah kota. Luas Baluwarti itu kurang lebih 200 hektare. Di sisi luar kedua benteng, Senapati membangun parit pertahanan yang lebar.

Sebagai sebuah peninggalan sejarah, Kotagede menawarkan memori kejayaan kerajaan yang pernah berkuasa di Yogyakarta di masa lalu. Selain wisata sejarah, para wisatawa bisa mengenal masyarakat dalam keraton yang berbeda dengan masyarakat-masyarakat di kawasan wisata lainnya. Mereka masih mempunyai karakteristik masyarakat Jawa yang santun, ramah, dan tidak terlalu komersil.

Baca :   Candi Ijo, Candi di Daratan Tertinggi Yogyakarta
sewa mobil online