Museum Pos Indonesia, Dokumentasi Abadi Benda Pos

Museum Pos Indonesia, Dokumentasi Abadi Benda Pos

0

Museum Pos Indonesia

sewa mobil online

Museum Pos Indonesia berdisi sejak jaman Hindia Belanda. Pada tahun 1933, museum yang diarsiteki oleh J. Berger dan Leutdsgebouwdienst ini dinamakan Pos Telegrap dan Telepon.

Di Jalan Cilaki No. 73 Bandung, Jawa Barat, inilah, berbagai benda pos dari penjuru dunia terutama Indonesia disimpan. Jadi, tempat ini dipastikan sangat-sangat diminati oleh peneliti maupun kolektor filateli.

Baca :   Gunung Tangkuban Perahu : Perwujudan Legenda Sangkuriang

Koleksi-koleksi yang ada di Museum Pos Indonesia antara lain perangko, timbangan surat, sepeda pak pos, baju-baju dinas petugas pos, dan peralatan pos dari jaman penjajahan hingga modern turut dipamerkan di museum yang diresmikan oleh Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi Achmad Tahir pada 27 September 1983 silam.

Koleksi menarik di Museum Pos Indonesia adalah surat-surat emas dari raja-raja Nusantara kepada para Komandan dan Jenderal Belanda. Lalu, ada surat-surat emas yang ditujukan kepada Gubernur Jenderal Inggris Thomas Stamford Bingley Raffles. Surat yang ditujukan kepada Raffles sebelumnya disimpan di museum di Inggris.

Baca :   Caringin Tilu : Tiga Pohon Beringin Mistis Jadi Ikon Perbukitan Ini

sewa mobil online