Plantera Fruit Paradise : Wisata Kebun Buah Tropis Andalan Kota Kendal

Plantera Fruit Paradise : Wisata Kebun Buah Tropis Andalan Kota Kendal

0
Plantera Fruit Paradise

Plantera Fruit Paradise, atau dikenal pula dengan sebutan Kebun Ngebruk, berada di Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah. Kebun buah tropis unggulan ini mempunyai luas lahan total 234 hektare.

sewa mobil online

Para wisatawan yang hendak menuju kebun buah tersebut dapat melalui rute Kota Boja atau Kota Weleri. Dari Kota Semarang, kebun buah ini terletak di sebelah baratnya.

Sebelum menjadi perkebunan buah tropis, daerah Plantera Fruit Paradise ini merupakan sebuah perkebunan cengkeh yang dikelola oleh PT Cengkeh Zanzibar. Sejak tahun 2000, perusahaan tersebut membudidayakan buah tropis unggulan untuk mengembangkan bidang usahanya.

Awalnya, PT Cengkeh Zanzibar mengambil bibit buah unggulan dari negara Malaysia, Thailand, dan negara tropis lainnya. Dengan teknologi medern dan kepiawaian para ahli pertanian PT Cengkeh Zanzibar, bibit-bibit buah ini bisa dibudidayakan di Indonesia dengan hasil dan mutu yang lebih baik dari buah yang dibudidayakan di negara asal.

Baca :   Museum Mandala Bhakti : Lokasi Dokumentasi Perjuangan TNI

Kebun Ngebruk semakin lama semakin banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai kalangan, termasuk kalangan pertanian. Mereka ingin mengetahui secara langsung bagaimana membudidayakan buah tropis. Melihat animo masyarakat yang cukup tinggi, pihak perusahaan membuka agrowisata buah unggul. Diharapkan, agrowisata tersebut bisa mengakomodasi masyarakat serta para pengunjung bisa lebih terarah. Puncak realisasi pembukaan agrowisata ini terjadi pada tanggal 15 Desember 2009. Di hari itu, Kebun Ngebruk akhirnya benar-benar dibuka untuk umum dengan nama Plantera Fruit Paradise.

Agrowisata di Plantera Fruit Paradise dapat dinikmati dengan memilih satu dari tiga paket; Fruit Tour, Fruit Safari, dan Fruit Paradise.

Baca :   Pantai Maron : Dekat dengan Pusat Kota, Kini Tampak Berbeda

Fruit Tour mengajak para wisatawan mengelilingi 4.400 meter persegi kebun dengan menggunakan mobil wisata. Mereka akan didampingi seorang pemandu wisata. Peserta dipersilakan turun di terminal setiap komoditi. Mereka bisa berfoto ria di area kebun atau menikmati suasana kebun buah.

Fruit Safari mengajak para wisatawan berjalan kaki keliling kebun 1.100 meter persegi didampingi seorang pemandu wisata. Peserta dapat beristirahat di Pondok Durian dan Pondok Lengkeng di sela perjalanan berkeliling kebun buah.

Fruit Paradise memperbolehkan para wisatawan untuk memanen buah sendiri. Namun, paket ini tidak setiap saat ada karena disesuaikan dengan jadwal panen Kebun Ngebruk. Wisatawan wajib membeli kupon buah yang akan dipetik sesuai jadwal panen dan tiket Fruit Tour.

Harga masing-masing kupon sbb. (diperbolehkan membeli lebih dari 1) :

  1. Paradise semangka (paket 1 butir) : Rp10.000,00
  2. Paradise jagung manis
Baca :   Wana Wisata Penggaron Ungaran Jadi Tempat Favorit Outbond

(paket 10 tongkol + rebus/bakar) : Rp15.000,00

  1. Paradise Melon kinanthi (paket 1 butir) : Rp25.000,00

Berikut ini jadwal buka Plantera Fruit Paradise :

Sabtu-Minggu dan Hari Besar : Pukul 09.00 hingga 15.00 WIB

Senin-Jumat : wisata keliling kebun & resto buka untuk tamu konfirmasi minimal 25 org

Toko bibit dan toko buah dibuka setiap hari.


Sewa mobil di Semarang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online