Pantai Balekambang Tujuan #1 Wisata Pantai di Malang

Pantai Balekambang Tujuan #1 Wisata Pantai di Malang

0
Pantai Balekambang
Pantai Balekambang

Fakta Cepat Mengenai Pantai Balekambang:

sewa mobil online
  1. Pantai paling terkenal di Kota Malang
  2. Pernah dijadikan tempat latihan klub sepak bola Arema dan Persema
  3. Tempat dimakamkannya Syaikh Abdul Jalil
  4. Terdapat tiga pulau dekat pantai; Pulau Anoman, Pulau Ismoyo, Pulau Wisanggeni
  5. Pura Amarta Jati berada di Pulau Ismoyo dekat Pantai Balekambang

Selayang Pandang

Pantai Balekambang terletak di Dusun Sumber Jambe, Desa Srigonco, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini berada di pesisir tepi Samudera Indonesia dan 65 kilometer sebelah selatan Kota Malang. Masyarakat Malang dan sekitarnya menganggap pantai ini sebagai destinasi wisata pantai nomor 1 di Malang sejak tahun 1985.

Pantai Balekambang mulai dilirik sebagai tempat wisata sejak tahun 1978. Dimulai dengan pembukaan akses jalan oleh Kades Srigonco Tukiran, lambat laun daerah pantai mulai disinggahi masyarakat dan menjadi lokasi wisata. Bupati Malang, Eddy Slamet, membuka kawasan pantai sebagai destinasi wisata pada tahun 1983 dan meresmikan nama Balekambang. Selain meresmikan sebagai tempat wisata, Sang Bupati juga meresmikan pantai ini sebagai tempat perkemahan pramuka Kabupaten Malang.

Baca :   Berwisata Kuliner Sekaligus Sejarah di Inggil Museum Resto

Bersih, Nyaman, Indah

Keunggulan alias daya tarik Pantai Balekambang adalah hamparan pasir putih luas yang bersih dari sampah. Kebersihan pantai yang senantiasa terjaga membuat para pengunjung nyaman untuk bersantai, bermain, atau berolahraga. Sekali waktu, pemain klub sepak bola Malang, Arema Malang dan Persema, berlatih di pantai ini.

Selain kondisi pantai yang bersih, fasilitas penunjang wisata pantai juga lengkap. Setiap akhir pekan tepatnya Sabtu dan Minggu, para pengunjung bisa menikmati flying fox. Tersedia pula persewaan All-Terrain Vehicle (ATV) untuk memudahkan para pengunjung menjelajahi pantai.

Sedangkan dari bentuk fisik pantainya sendiri, pemandangan indah dan tiada duanya berasal dari karang laut di pantai tersebut. Batu karang itu mempunyai panjang 2 kilometer dan lebar 200 meter. Terdapat pula tiga pulau di sekitar pantai yang bernama Pulau Anoman, Pulau Wisanggeni, dan Pulau Ismoyo.

Baca :   Museum Angkut : Museum Transportasi Modern Pertama di Asia Tenggara

Destinasi Wisata Religi di Pantai Balekambang

Pada saat-saat tertentu, Pantai Balekambang tidak hanya menjadi destinasi wisata pantai tetapi juga wisata religi. Setiap bulan Suro, pantai ini dipenuhi orang-orang yang menggelar upacara Suroan dan Jalanidha Puja.

Beberapa orang juga berziarah ke makam Syaikh Abdul Jalil setiap tanggal 1 Sya’ban. Makam orang yang pertama kali membabat Pantai Balekambang itu berada di tepi Kali Berek, 1 kilometer sebelum memasuki Pantai Balekambang dari arah Bantur. Syaikh Abdul Jalil berasal dari keluarga ningrat Yogyakarta yang berpengaruh. Karena tidak mau kompromi dengan Belanda saat masa penjajahan, Belanda selalu berniat menyingkirkan.

Sementara itu, di Pulau Ismoyo, berdiri sebuah pura bernama Pura Amarta Jati. Akses menuju pura dari pantai dihubungkan dengan jembatan. Letaknya sekitar 70 meter menjorok masuk dari bibir pantai. Pura ini digunakan umat Hindu untuk beribadah terutama ibadah Nyepi. Keberadaan pura ini cukup menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Baca :   Eco Green Park Tawarkan Tempat Wisata Edukatif di Batu Malang

Rute Menuju Pantai Balekambang

Wisatawan bisa mengambil satu di antara dua rute untuk menuju Pantai Balekambang. Berikut ini ringkasan dua rute menuju pantai tersebut:

Rute/Jalur 1   : Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Bantur – Balekambang

Rute/Jalur 2   : Terminal Arjosari – Turen – Gondang Legi – Bantur – Balekambang

Tiket Masuk Pantai Balekambang

Untuk dapat menikmati keindahan Pantai Balekambang, Pulau Ismoyo, Pulau Anoman, dan Pulau Wisanggeni, wisatawan dikenai tiket masuk Rp15.000,00 per 2017.


Sewa mobil di Malang sekarang jadi mudah dengan aplikasi DOcar – Solusi Sewa Mobil Pilihan Anda. Unduh aplikasi DOcar tanpa dipungut biaya alias GRATIS di Google PlayStore. Pastikan Anda membagikan artikel ini ke keluarga dan teman-teman Anda jika Anda mendapati artikel ini menambah wawasan umum Anda; karena ilmu tidak akan habis walau dibagi.


sewa mobil online